Kamis, 24 September 2009

ANDA INGIN LEBIH KARISMATIK?

Apa Sih Karisma Itu? Bagaimana Saya Bisa Mendapatkannya?
Karisma adalah kualitas spesial dari pemimpin yang tujuannya, kekuasaannya, dan ketegasannya berbeda dari pemimpin lain. Meskipun fakta bahwa karisma tampaknya merupakan karateristik dari kepribadiaan, sebagian besar dari unsur karisma bisa dipelajari. Misalnya, bersikap ekspresif secara emosional adalah unsur utama dari karisma-dan Anda bisa belajar untuk lebih ekspresif secara emosional. Ingat juga bahwa jika Anda sudah dianggap karismatik oleh prang banyak, Anda masih bisa mengembangkan kualitas karisma Anda lebih jauh.
Ketahuilah satu lagi fakta penting sebelum Anda mendalami cara mengenali dan mendapatkan karisma. Karisma adalah persepsi. Meskipun Anda ingin agar orang menganggap diri Anda berkarisma, Anda tak pernah berhasil 100%. Bahkan pemimpin yang paling karismatik sekalipun sering kali oleh sebagian orang dianggap dungu atau memuakkan. Bekerja pada pemimpin yang karismatik adalah seperti menikah atau hidup dengan seseorang yang Anda rasa menarik dan menggairahkan. Dia senang dikelilingi oaring. Mungkin pemimpin karismatik tidak setiap hari menyenangkan, tetapi dia memberi Anda alasan tambahan untuk bekerja. Anda merasa senang berdekatan dengan orang itu, dan Anda mau bersusah-susah untuk menyenangkannya.

Belajar Mengekspresikan Perasaan Anda
Cara terbaik untuk mengembangkan karisma adalah belajar mengekspresikan perasaan Anda secara terbuka dan bebas. Titik awalnya adalah belajar agar lebih ekspresif secara emosional dalam tindak-tanduk Anda.

Menghubungkan Perasaan dengan Fakta
Untuk melengkapi pernyataan fakta Anda, Anda harus mengidentifikasi perasaan yang berkaitan dengan fakta. Cara itu akan membantu Anda tampil lebih ekspresif dan karismatik. Pada waktu senggang, tulislah atau pikiran peristiwa-peristiwa yang baru-baru ini menimpa Anda. Identifikasi fakta-faktanya, kemudian sebutkan perasaan yang berkaitan dengan fakta itu.
Berikut ini beberapa contoh bagaimana orang yang karismatik memperkuat fakta dengan perasaan saat berbicara kepada orang lain:
 Editor kepada asisten editor: “kamu rela menghabiskan waktu 10 jam dari waktu pribadimu untuk menyelesaikan proyek. Saya senang kamu perhatikan pada perusahaan.”
 Pemilik restoran kepada eksekutif: “Kita berhasil memotong biaya tanpa memecat orang atau mengorbankan mutu. Saya bangga kepadamu.”

Dimana Anda Mendapatkan Semangat, Optimisme, dan Energi?
Salah satu kualitas luar biasa dari orang yang karismatik adalah dia selalu bersemangat, optimis, dan energetik di setiap waktu. menjadi lebih energetik tidak semudah membalikkan telapak tangan. Memperkuat energi Anda, salah satu unsur utama dari karisma perlu usaha keras. Aspek lain dari orang yang senantiasa semangat, optimis, dan energetik adalah mempertahankan orientasi aksi. Orang yang mempunyai orientasi aksi adalah orang yang ingin menyelesaikan sesuatu dan mengimplementasikan keputusan.

Berlakulah Jujur
Para pemimpin yang karismatik adalah orang-orang yang jujur dan terbuka kepada orang lain. Meskipun tidak kaku, pemimpin yang karismatik biasanya terus terang dalam memberi penilaian atas sesuatu atau situasi. Orang yang karismatik adalah orang yang jujur tentang aspek negatif dan positif. Mereka memahami orang lain dan situasi dengan cepat dan akurat dan mau berbagi persepsi itu.
Keberhasilan pemimpin karismatik yang jujur sebagian berkaitan dengan cara pesan itu disampaikan. Pesan negatif bisa diterima jika disampaikan apa adanya, dengan tanpa dimuati penilaian-penilaian. Pesan itu juga harus tidak menyinggung dan tidak bernada bermusuhan. Bagian penting lain dari kejujuran pemimpin karismatik adalah dia merumuskan visi yang dapat dipercaya. Keterusterangan baik itu di sisi positif maupun negatif adalah bagian dari senjata orang yang karismatik. Sepanjang Anda peka terhadap perasaan orang lain, sebuah ekspresi yang terbuka dari perasaan dan opini Anda akan mengandung daya tarik. Salah satu alasan mengapa keterusterangan itu efektif adalah karena keterusterangan itu tegas, dan tak banyak orang yang mau berterusterang.

Pujian yang Beralasan
Pemimpin karismatik adalah orang yang jujur, tetapi juga pandai memuji. Untuk membangun keahlian memuji, perhatikanlah saran-saran berikut:
 Gunakan pujian yang beralasan. Pujian yang efektif setidaknya memuat sesuatu kredibilitas, menyiratkan bahwa Anda mengatakan sesuatu yang positif tentang seseorang dengan alasan yang masuk akal.
 Beda-bedakan pujian Anda. Jangan menggunakan pujian yang sama pada semua orang, karena hal ini akan membuat pujian Anda terdengar tak tulus.
 Pujilah apa-apa yang menjadi arti penting untuk sasaran pujian. Anda bisa mencari tahu apa yang penting bagi seseorang dengan mengamati apa yang dibicarakannya dengan antusias.
 Memuji orang lain dengan mendengarkan secara penuh perhatian.
 Memuji dengan menyebut atau mengutip orang lain
 Gunakan perilaku konfirmasi. Gunakan perilaku yang mengandung efek positif atau terapi pada orang lain, seperti pujian dan penghormatan.
 Beri feedback positif. Bentuk lain dari memuji orang adalah memberi tanggapan positif terhadap pernyataan, tindakan, dan hasil mereka.
 Ingatlah namanya
 Jangan memberi pujian yang memuat penghinaan atau ejekan.

Menggunakan Ekspresi Wajah yang Hidup
Orang yang mirip patung sulit disebut karismatik. Untuk menunjukkan dinamisme personal, perlu sering-sering menggunakan ekspresi wajah yang hidup. Gunakan senyum yang mengembang, senyum simpul, ekspresi senang, merengut,cemberut, tampak binggung, terkejut atau mengangguk-angguk.

Apakah Anda Tampil Gagah? Apakah Tindakan Anda Tegas?
Bagian tak terpisahkan dari karisma adalah tampil gagahdan bertindak tegas. Tampak gagah dan keren jauh lebih dari sekedar penampilan fisik. Di lain pihak, jika Anda mengabaikan kebijaksanaan umum untuk tampil gagah, Anda akan tampak tidak penting dan kurang berkarisma. Berikut ini beberapa cara spesifik untuk menambah keren penampilan Anda:
 Berpakaianlah dengan penuh gaya dan selera.
 Hiasi kantor Anda dengan gelas hias dari kaca, atau hiasan dari kulitdan baja.
 Sesekali, saat berdiri, cobalah berkacak pinggang dengan kaki sedikit mengangkang.
 Untuk memberi tekanan saat bicara, arahkan jari telunjuk Anda kebawah dan jempol miring kekanan- seperti memegang pistol air.
Source : leadership, Andrew J Dubrin, Prenada Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar