Selasa, 22 September 2009

Stress

Stress sering diaktakan sebagai penyakit yang tidak terlihat. Stress dapat memengaruhi anda, organisasi dan setiap orang yang berada di dalamnya sehingga tidak dapat diabaikan. Dalam banyak kesempatan, kita semua telah penah mengalami stress.
1. Memahami Stress
Stress dapat memenuhi individu, masyarakat, dan organisasi atau perusahaan (Heller dan Tindle, 1998 : 766). Pengertian stress bagi individu adalah setiap pengaruh yang mengganggu kesehatan mental dan fisik seseorang. Hal tersebut terjadi apabila badan memerlukan kinerja di atas batas rentang kapabilitasnya. Sebagai akibatnya, stress membuat sakit individu, keluarga, masyarakat, dan organisasi, yang dapat menderita organizational stress.
Stress kerja merupakan respons fisik dan emosional pada kondisi kerja yang berbahaya, termasuk lingkungan di mana pekerjaan memerlukan kapabilitas, sumber daya, atau kebutuhan pekerja lebih banyak (Phil Kitchel, 2002:2)
Sebagai penyebabnya dapat terjadi karena terdapatnya tumpang tindih atau tidak jelasnya job description, kurangnya komunikasi, sampai pada buruknya kondisi kerja. Stress yang terjadi di tempat kerja menyebabkan organisasi menanggung beban : (1) rendahnya kualitas pelayanan, (2) pergantian staf yang tinggi, (3) reputasi perusahaan menjadi buruk, (4) citra perusahaan menjadi buruk, dan (5) ketidakpuasan pekerja.

2. Penyebab Stress
Masyarakat, dunia kerja dan kehidupan sehari-hari telah banyak berubah dan memberikan kontribusi bagi peningkatan stress (Heller dan Findle, 1998 : 780).
a. Perubahan masyarakat
b. Perubahan organisasi
c. Mengubah kebiasaan
d. Menganalisis pekerjaan

3. Menghadapi Stress di Tempat Kerja
Setiap orang merespons stress dengan cara yang berbeda. Hanya dengan memahami sifat respons individu, anda dapat mulai melawan stress dalam diri anda.
a. Mengidentifikasi Sikap
b. Menemukan Strategi
c. Melakukan Tindakan Positif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar