Jumat, 16 April 2010

MANAJEMEN SUKSES

Kiat Menghadapi Enam hal yang Mengganggu Sukses Anda

Bagian Pertama
Enam Hal yang Membuat Hidup Anda Tidak Bahagia
1. Putus Cinta
Putus cinta merupakan suatu hal yang membuat hidup kita tidak bahagia. Namun, bagi mereka yang selamat dari perangkat patah hati akan mengatakan bahwa “cinta itu memang menyakitkan “ tetapi masih bisa disembuhkan. Orang yang merasakan langit seakan-akan akan runtuh, dan bumi pun jadi ambruk sehingga tiada lagi tempat untuk berpijak. Putus cinta dengan orang yang kita cintai akan menyebabkan kita merasa sepi. Dalam hal ini para peneliti menyebutkan 2 kategori kesepian, yaitu : kesepian karena keadaan dan kesepian karena watak. Kesepian karena keadaan bisa terjadi bila anda baru putus cinta atau bila anda berada dalam suatu tempat yang sangat asing bagi anda. Terlepas dari itu semua, yang pasti putus cinta bukanlah akhir dari segala-galanya. Masih ada hari esok yang lebih cerah. Karena itu bangkit dan lawanlah kata dan ungkapan perasaan anda.
2. Minder = Tidak Pede
Minder adalah sifat negatif yang pada diri seseorang. Dengan kita minder dalam menghadapi sesuatu, maka kita akan tenggelam dalam sebuah ketakutan yang menghantui kita. Pada dasarnya, minder merupakan ekspresi rasa takut diri akan sesuatu. Minder juga merupakan perwujudan dari ketidakpercayaan diri terhadap diri sendiri, terhadap daya dan kemampuan yang kita miliki. Citra diri yang negatif inilah yang akan membawa kita untuk terus berada dalam rumah ketakutan. Minder muncul karena pencitraan diri kita oleh diri sendiri atau lingkungan yang berada di sekitar kita. Dengan kata lain, hal itu terjadi karena adanya keyakinan terhadap ide tertentu yang dialami oleh kita ataupun stempel dari lingkungan kita hingga disimpulkan bahwa hidup dan kehidupan kita adalah seperti ini dan seperti itu.
Menanamkan rasa percaya diri sendiri sesungguhnya tidak begitu sukar seperti yang disangka banyak orang. Oleh karena itu untuk meghilangkan rasa takut dalam menghadapi sesuatu, anda bisa menjalankan beberapa jurus menghilangkan rasa takut, berikut :
 Persiapkan diri anda sebaik-baiknya bila menghadapi sesuatu atau suasana tertentu
 Pelajari dan persiapkan sebaik-baiknya bila menghadapi situasi tersebut. Persiapan yang matang merupakan kunci keberhasilan.
 Pupuk atau binalah rasa percaya diri. Berbuatlah sesuatu yang bisa menambah rasa percaya diri anda
 Setelah timbul rasa percaya diri, pertebal keyakinan anda bahwa anda bisa melakukannya.
Selain itu, sikap percaya diri sangat membutuhkan sebuah optimisme dalam diri anda. Sikap optimis akan menjadi daya yang besar untuk mendorong apa yang anda pikirkan. Lalu bagaimana cara berpikir optimis? Langkah-langkahnya sebgai berikut :
 Carilah teman yang berpikir optimis
 Ciptakanlah sukses bagi diri anda sendiri
 Ubah dan tinggalkan situasi yang anda rasa tidak menunjang usaha anda untuk maju
 Untuk menghadapi lingkungan yang tidak dikenal, anda bisa menyiapkan diri dengan memusatkan kekuatan-kekuatan anda, mengantisipasi masalah dan mencari jalan keluar jauh sebelumnya.
 Batasi persepsi anda tentang kegagalan
 Hindari pikiran yang bukan-bukan.
 Jika anda kecewapada sesuatu, jangan hanya menerimanya saja. Berusahalah untuk mengubahnya
 Berpikirlah yang baik tentang diri anda dan perlakukanlah diri anda dengan baik pula.]
Namun kita tidak boleh terjebak dalam optimisme dan sikap positif yang berlebihan. Sebab berpikiran positif dan otimis bisa juga menjebak kita untuk membuat kesalahan-kesalahan mendasar yang semestinya tidak perlu. Mengapa justru kita harus waspada terhadap perilaku optimis dan positif? Pertama, kita harus menyadari bahwa kehidupan ini tidak selalu terdiri dari pemikiran yang positif ; kedua, pemikiran negatif seringkali mendominasi pemikiran kita; ketiga, pikiran positif itu lebioh berpengaruh pada perubahan dan pengendalian diri pribadi internal, dan tidak berpengaruh terhadap eksternal; keempat, karena itu kita harus berperilaku secara proporsional dan seimbang. Ada kalanya kita harus berpikir positif dan suatu waktu juga berpikir negatif. Oleh karena itu, ubahlah diri anda mulai sekarang, niscaya dunia akan turut berubah dan tersenyum pada anda.
3. Harga Diri Rapuh, Di Mana Tempat Kita?
Pada dasarnya harga diri merupakan sebuah kesadaran akan seberapa besar nilai yang diberikan kepada diri sendiri. Pengertian lain, harga diri adalah sikap menerima diri apa adanya. Hal ini berhubungan dengan keyakinan bahwa kita layak, mampu dan berguna dalam apapun yang telah, sedang dan akan terjadi dalam hidup kita. Oleh karena itu, harga diri merupakan sebuah bentuk manifestasi dari keberanian kita untuk mengakui kekurangan pada diri kita sendiri. Apabila kita mempunyai harga diri yang tinggi dan sehat, maka kita pun akan menilai tinggi diri kita. Kita akan menyukai dan menerima diri kita apa adanya. Kita akan dengan mudah memaafkan diri kita. Kita memfokuskan diri pada kekuatan dan kelebihan kita dan kita dapat secara efektif membedakan diri kita dan perilaku kita atau apa yang kita lakukan. Kemudian, jika kita melakukan kesalahan atau kebingungan, maka kita yakin akan mampu mengatasinya.
Harga diri adalah tentang bagaimana kemampuan kita untuk mengatakan “ saya tidak peduli dengan apa yang dimiliki oleh orang lain, saya akan berbuat semaksimal mungkin untuk memperoleh apa yang saya inginkan “. Harga diri adalah kemampuan untuk megakui bahwa orang lain bisa berbuat lebih baik dari kita, bisa mengumpulkan uang lebih banyak, mempunyai teman lebih banyak dam mungkin memiliki peluang yang lebih baik dari kita. Kemampuan lainnya adalah keikhlasan dan pengakuan adalah tanda-tanda yang jelas dari harga diri yang tinggi.Oleh karena itu, dalam hubungannya dengan sikap harga diri dan kepercayaan diri, maka Johanes Lim mengkategorikan dalam dua kategori :
1. Sikap negatif, bila seorang manusia hendak mempertahankan ego dan harga dirinya supaya tidak hancur dengan mengambil sikap alternatif, yaitu :
 Negatif Pasif : sedih, tersinggung, luka batin, menarik diri atau depresi
 Negatif Destruktif : marah, dendam, dan membalas dengan makian dan pukulan.
2. Sikap positif, bila seseorang mempunyai rasa percaya diri dan mempunyai harga diri yang positif, maka orang itu akan mengambil sikap positif pula.
Harga diri tidak bisa dicari dengan membeli atau mengiklankan pada setiap orang bahwa anda membutuhkan harga diri. Menurut Grant Brecht, harga diri pada dasarnya bisa dicari dari empat hal :
1. Orang tua
2. Kawan sebaya
3. Prestasi
4. Diri anda sendiri
Sesungguhnya, untuk meningkatkan harga diri, anda dapat melakukan sesuatu atas perasaan-perasaan yang ada pada diri anda. Pertama sekali yang harus anda lakukan adalah mengakui bahwa perasaan rendah diri pada anda tersebut berasal dari dalam diri anda sendiri ! Jika anda bisa mengerti, maka anda juga tahu kalua anda memiliki pilihan yaitu menerima pendapat orang lain tentang diri anda atau sama sekali menolaknya.
Ada sebuah teori mengatakan bahwa kalau anda ingin dihargai oleh orang lain, maka anda harus menghargai diri anda terlebih dahulu. Ada beberapa teori yang bisa anda pegang untuk diungkapkan, dilakukan dan diyakini :
Yang harus anda ungkapkan :
 Banggalah terhadap hasil pencapaian anda apabila anda telah menyelesaikannya dengan sukses dan jangan menganggapnya sebagai keberuntungan belaka.
 Ucapkan “terima kasih” pada orang yang memuji anda tanpa harus merasa malu.
 Ungkapkan perasaan anda
 Akui kesalahan anda, apabila anda melakukan sesuatu kekeliruan.
 Apabila seseorang mengancam anda dengan kata-kata, maka anda dapat melawannya dengan perkataan pula.
 Jangan menghina orang lain.
Yang harus anda lakukan :
 Berjalanlah dengan penuh perccccaya diri
 Berpakaianlah dengan rapi, seakan anda memang memperhatikan tubuh anda
 Cobalah sesuatu yang baru
 Turuti keinginan hati anda
Yang harus anda yakini :
 Yakin bahwa pandangan anda pribadi terhadap diri sendiri lebih penting daripada apa yang orang lain katakan pada anda
 Sendirian itu tidak berarti kesepian
 Merasa yakin bahwa anda adalah orang yang berharga
 Menyadari bahwa masa lalu adalah tetap masa lalu
 Yakin bahwa anda berharga karena anda bukan orang lain.
Oleh karena itu, tempatkan diri anda sebaik-baiknya dalm kehidupan anda. Karena hal itu sangat penting untuk menjaga kebugaran harga diri anda. Cegahlah segala hal negatif dengan selalu mengurung dan membanjiri kehidupan anda dengan hal-hal positif. Yakinlah jika anda mempunyai harga diri yang rapuh akan memungkinkan anda tidak bahagia dalam hidup.
4. Awas, Konflik Mengintai Anda !
Pada dasarnya, dalam diri manusia terdapat dua hal yang saling bertentangan. Paling tidak, pernyataan ini bisa dilacak dari 2 pandangan filsuf tentang manusia. Menurut pandangan Thomas Hobbes, manusia merupakan makhluk yang dikuasai oleh dorongan-dorongan irrasional dan anarkistis serta mekanistis yang saling mengiri dan membenci sehingga menjadi kasar, jahat, buas dan pendek pikir yaitu sosok Homoni Lupus, manusia adalah serigal;a bagi manusia yang lain, dan akibatnya perang semua melawan semua. Sebaliknya JJ. Rousseau berpendapat bahwa manusia merupakan makhluk yang lugu dan sederhana, mencintai diri sewcara spontan, tidak esois, dan tidak altruis. Hanya rantai peradabanlah yang membentuk jiwa manusia menjadi binatang yang memiliki sifat menyerang (berkonflik) seperti keadaannya saat ini. Nah, sifat dasar inilah yang menjadi dasar terbentuknyya konflik yang terjadi diantara manusia.
Pada dasarnya, konflik itu merupakan perbedaan pendapat, kepentingan, minat, persepsi, atau rasa antara seseorang dengan dirinya sendiri, atau antara sekelompok orang dengan kelompok yang lain. Pertama, konflik internal atau konflik batin, yaitu konflik yang pengaruhnya berasal dari dalam diri manusia. Kedua, konflik eksternal, yaitu konflik yang pengaruhnya berasal dari luar diri seorang manusia. Pola konflik menurut G. R. Terry, akan berlangsung secara sistematis dan teratur yang terdiri dari empat macam tahapan :
1. Timbul suatu krisis tertentu
2. Gejala eskalasi ketidaksesuaian paham terjadi
3. Konfrontasi
4. Proses rekonsiliasi
Dalam menghadapi suatu konflik tentunya dibutuhkan solusi untuk menyelesaikan masalah untuk menciptakan lingkungan yang kondusif. Ada beberapa langkah untuk menyelesaikan konflik. Beberapa langkah tersebut adalah :
 Langkah menghindari konflik seperti dengan cara bersikap tidak kooperatif atau menghindarinya
 Berkompetensi atau komando otoratif
 Bersifat akomodatif
 Bersifat kompromis
 Melakuka langkah kolaborasi atau pemecahan masalah

5. Stress dan Distres
Stress adalah konflik yang meliputi tekanan eksternal (baik tuntutan yang datang dari lingkungan fisik dan sosial) dan tekanan internal (tuntutan yang datang dari dalam diri ) serta kondissi bermasalah lainnya dalam kehidupan. Ada kalanya orang yang sering stress akan mampu bertahan dalam menghadapi rasa stress sehingga pada taraf tertentu, orang bisa melakukannya dengan baik. Sebaliknya, orang yang tidak pernah stres, maka ia akan rentan terhadap distress, yaitu gangguan mental dan fisik akibat stres.
Pada dasarnya, indikaor stres dan distres merupakan wujud dari sehat tidaknnya manusia. Kita disebut sehat, jika bisa mengatur dan memanipulasi pengaruh stress tanpa menimbulkan ketidakse3imbangan p[ada diri kita. Sebaliknnya, kita akn dicap sakit, jika kita gagal beradaptasi secara aktif seehingga akan menyebabkan gangguan terhadap jiwa dan raga kita. Menurut dr. Erwin, untuk menangani masalah stres secara sederhana dan gampang, kita harus melakukan relaksasi dan menangani stress sebagai salah satu cara untuk keluar dari ancaman distres. Dengan relaksasi keteganngan fisiologis akan menurun. Kondisi itu sksn membuat perasaan lebih nyaman, dapat berpikir lebih tenang, sehingga lebih mampu menghadapi situasi lingkungan yang tidak sesuai dengan harapannya. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa dijalani dan dipraktekkan dalam menghadapi stres :
 Carilah sebab-sebab munculnya perilaku anda sekarang atau dalam hubungannya dengan masa lalu.
 Bandingkan reaksi, pikiran dan perasaan anda dengan orang-orang di lingkungan anda
 Cari sahabat tempat berbagi perasaan, kesenangan, dan kecemasan
 Jangan sekali-kali menciptakan “cap” terhadap diri sndiri, apalagi memberi aatribut berupa perangai yang tidak dapat diubah, kronis dan negatif
 Bangun keyakinan diri
 Inventarisasikan keistimewaan dan keunikan anda
 Kendalikan emosi, baik pada saat gembira maupun berduka
 Jangan terus menyesali kegagalan di masa lalu
 Belajarlah dari setiap kegagalan
 Jika anda melihat orang dalam kesulitan, beri perhatian padanya dan bantu mencarikan jalan keluarnnya
 Jika tidak mampu menolong diri sendiri atau orang lain dalam keadaan stess, berkonsultasilah dengan psikolog / psikiater
 Tetapkan tujuan jangka panjang
 Sisihkan waktu untuk rileks, berdoa dan menikmati hobi
 Pandang diri anda sebagai pemeran aktif yang setiap saat mampu mengubah kehidupan anda sendiri secara keseluruhan.
Namun yang pasti, stress akan selalu bersama kita. Karena itu tidak ada gunanya menghindari stres, sebab stress dapat menjadi motivasi dalam mencapai sukses.
6. Kegagalan
Kegagalan merupakan sebuah kesalahan hidup yang dilakkan oleh manusia. Karena pada dasarnya, manusia mempunyai naluri dan motivasi yang sangat tinggi untuk mencapai sebuah kehidupan yang sukses. Manusia dianugrahi akal, pikiran dan hati yang sempurna sehingga bisa memikirkan berbagai fenomena yang terjadi di sekitarnnya dan juga bisa mengontrolnnya dengan hati-hati agar bisa mencapai suatu kehidupan yang seimbang dan membawa kebaikan. Selain itu Johanes Lim memberikan definisi tentang kriteria orang yang tidak bisa dibilang sukses, yaitu :
1. Orang yang tidak mempunyai cita-cita
2. Orang yang mempunyai cita-cita, tapi belum bisa mewujudkannnya
3. Orang yang mempunyai cita-cita dan telah mencapainnya, tapi tidak bisa menikmatinya
Dari definisi itu, berarti sukses itu bersifat relatif, subyektif, mudah dimengerti dan mudah dicapai. Setiap orang bisa meraih sukses dalam hidupnnya, selama ia mau mempunyai cita-cita, mau berjuang untuk mewujudkannya dan bisa menikmati hasil pencapaian cita-cita tersebut. Pada dasarnya, tanda-tanda bahwa seseorang itu mengalami kegagalan berpusat pada sifat-sifat berikut :
 Tidak mempunyai tujuan hidup yang jelas
 Selalu pesimis dalam menghadapi masa depan
 Selalu menunda pekerjaan
 Selalu mengeluh
 Bekerja tapi tidak dengan pikiran tapi kekuatan
 Tidak mempunyai kemauan
Jika semua atau bahkan salah satu faktor tersebut ada dalam kehidupan anda, maka lebih baik anda segera melakukan hal-hal yang bisa menghilangkan faktor tersebut. Mulailah sekarang juga, maka hidup anda akan berubah dengan seketika. Oleh karena itu, kata pertama untuk menuju sukses adalah ada kemauan untuk berubah. Akal yang sehat sangat penting untuk menunjang kesuksesan anda, karena tanpa akal sehat maka energi kehidupan anda akan menjadi boros. Akal sehat juga berarti bahwa anda mempunyai motivasi hidup yang sehat. Artinya dalam hidup anda akan selalu mensugesti diri anda untuk berjuang dan meyakinkan diri anda bahwa anda bisa. Karena itu, pada saat kita mengalami kegagalan dan masalah pribadi yang sangat berat, maka bangunlah rasa percaya diri dengan mengulang-ngulang pernyataan positif sebagai berikut :
 Saya akan bisa menemukan jalan keluar meskipun sampai sekarang belum ada sama sekali
 Saya bisa merintis sesuatu yang baru, yang belum pernah dilakukan orang
 Saya bisa melakukan terobosan
 Saya bisa menyelidiki berbagai alternatif
 Saya bisa menemukan orang yang bisa membantu
 Saya bisa beraksi kreatif dan energik
Johanes Lim berpendapat bahwa kepercayaan itu merupakan keyakinan atas kebenaran sesuatu, sehingga kita beraksi dan bereaksi sesuai dengan kepercayaan itu, tanpa perlu menyadari apakah hal itu sungguh benar atau tidak. Dari definisi tersebut, maka kepercayaan itu datang jika ada motivasi kesadaran terhadap sesuatu yang dipikirkan oleh akal sehat. Masalah berhasil tidaknya, hal itu merupakan persoalan lain, karena kita tidak tahu takdir akan membawa kita ke mana.
Selanjutnya adalah harus optimis dengan kemampuan dan daya pribadi anda. Anda harus optimis bahwa kesuksesan dapat diraih dengan efektif dan efisien. Orang yang berhasil dan berkarakter yang kuat adalah orang yang bisa memadukan antara berbagai langkah di atas dengan rasa optimis yang tinggi, sehingga kesuksesan akan lebih cepat anda raih. Hal selanjutnya adalah usaha. Usaha anda untuk mendapatkan sukses dan kemajuan merupakan modal yang sangat berharga bagi kehidupan anda. Namun usaha saja tidak cukup untuk mendapatkan tingkatan hidup yang tinggi tanpa iringan doa. Usaha dan doa merupakan hal yang penting, karena keduannya merupakan perpaduan yang utama dari dimensi langit dan dimensi bumi, antara dimensi Tuhan dengan dimensi manusia yang akan menjamin mulusnya kehidupan anda.
Hal terakhir yang sangat penting dan paling mendasar adalah persistensi atau ketekunan dalm menjalankan sebuah usaha ynag telah anda jalankan dengan efektif dan efisien. Karena kegigihan, ketekunan dan kesabaran yang disertai dengan strategi yang tepat dan pemilihan kondisi dan keadaan yang sempurna. Ingatlah bahwa perjuangan anda untuk mencapai kesuksesan merupakan perjuangan hidup yang sangat keras dan membutuhkan energi yang tidak sedikit. Dengan demikian tangga kesuksesan memang tidak mudah diraih. David Sarnof, secara sistematis mengajukan sepuluh l;angkah yang bisa digunakan untuk menapaki tangga kesuksesan. Sepuluh langkah tersebut adalah :
1. Sesuaikan diri anda dengan keadaan sekitar, tetapi jangan sampai anda kehilangan kepribadian dan terpengaruh oleh orang lain
2. Berkatalah jujur dan apa adanya.
3. Setiap orang harus mempunyai keberanian untuk melangkah ke depan
4. Kerja keras dengan ketekunan perlu dijalankan setiap saat, jangan hanya apabila ada kemauan saja
5. Curahkan segenap tenaga dan pikiran untuk suatu pekerjaan, dan berusahalah untuk menguasai pekerjaan tersebut dengan hasil yang sebaik-baiknya.
6. Belajarlah untuk bisa berbicara dengan lancar dan jelas, namun jangan menjadi banyak bicara
7. Percayalah pada diri sendiri, tetapi jangan terlalu puas dengan diri sendiri
8. Lihatlah ke depan dan buatlah rencana-rencana yang akan dijalankan
9. Pisahkan hal-hal yang utama dan yang bukan, yang besar dengan yang kecil.
10. Berusahalah untuk mencapai target yang ditetapkan dengan perhitungan waktu yang ditentukan, tetapi jangan sampai mengabaikan kesehatan tubuh.
Kesepuluh langkah tersebut harus dijalankan dengan konsukuen selama hidup. Karena hal itu akan menjadi jaminan sukses bagi anda. Namun, langkah tersebut tidak mutlak, karena setiap orang bisa memilih, meggabungkan, dan melakukan langkah-langkah terbaik sesuai dengan pengalaman masing-masing.
Dari hal itu, sudah nyata bahwa kegagalan bukan merupakan neraka bagi kehidupan kita. Kegagalan adalah energi yang sangat efektif untuk menuju sukses. Kegagalan adalah cikal bakal keberhasilan, tidak ada kesuksesan yang dicapai tanpa melewati kegagalan. Dengan gagal kita bisa mengevaluasi dan intropeksi diri kita sehingga kita akan menjadi lebih baik dalam melangkah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar