Selasa, 03 Juni 2008

STRATEGIC ENTREPRENEURSHIP

Saat ini perubahan dalam dunia bisnis terjadi begitu cepat, hal ini dipicu oleh ledakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Produsen terus berlomba-lomba untuk menyenangkan konsumennya melalui terobosan baru, inovasi-inovasi, dan berbagai kemudahan lainnya, pendeknya consumen is not the king , but beyond the king. Akibatnya siklus umur produk juga semakin pendek bahkan tak jarang produsen melakukan pembunuhan terhadap produk sendiri (product obscelence) yang penting usahanya /bisnisnya tetap menjadi leader bagi produk sejenis. Kondisi ini menyebabkan tingkat persaingan menjadi semakin ketat. Tiap perusahaan ingin tetap hidup (survive), berkembang dan mencapai tujuannya. Untuk dapat maju dan tumbuh tiap perusahaan harus mampu bersaing. Oleh karena itu perusahaan mesti mempunyai strategi bersaing.

Persaingan tidak dapat dihindari, oleh karena itu mesti dihadapi. Di samping harus bersaing dengan perusahaan sejenis dan pemain lama, perusahaan juga harus menghadapi para pemain dan pendatang baru (new entrant), serta serbuan barang substitusi. Masih segar dibenak sebelum tahun 1998, pasar industri sepeda motor dikuasai oleh beberapa pemain saja, seperti Honda, Yamaha, Suzuki , Kawasaki dan Vespa. Namun sekarang ini, dengan masuknya pendatang baru dari Korea maupun Cina, maka jumlah merk sepeda motor menjadi sulit untuk dihapal, karena saking banyaknya. Demikian pula halnya dengan bisnis minuman dalam kemasan, Aqua menjadi merk generic, disusul dengan munculnya banyak merk lain yang mirip dengan Aqua.

Salah cara untuk mengantisipasi hal tersebut adalah dengan melakukan perencanaan stratejik yang matang, yakni melakukan aktivitas formulasi rencana jangka panjang bagi efektivitas pengelolaan peluang (opportunity) dan tantangan lingkungan bisnis sesuai dengan kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) , pendeknya adalah bagaimana suatu perusahaan mampu memprediksi, mengantisipasi dan memanage masa depan yang turbulence and uncertainty.

Setidaknya ada 4 langkah agar proses perencanaan stratejik yang dilakukan bisa berhasil.

1. Diagnosing the organization. Pepatah Suntzu mengatakan bila kita dapat mengenali kekuatan dan kelemahan lawan niscaya peperangan akan kita menangkan. Melakukan analisis SWOT berarti kita bisa menentukan posisi perusahan, apakah posisi bisnis kita leader atau follower.

2. Analysing the industri. menganalisa dampak industri terhadap pengembangan usaha . Porter mencatat banyak entrepreneur yang mengangap bahwa industri yang menarik adalah yang berkembang pesat atau menggunakan teknologi baru. Hal ini tentu saja keliru, sesuai dengan hukum ekonomi semakin banyak pesaing tentu saja kemungkinan profit akan semakin kecil.

3. Creating a Vision. cara pandang jauh ke depan kemana perusahaan harus dibawa agar dapat eksis, antisipatif, dan inovatif. Visi yang baik setidaknya memenuhi tiga syarat utama yang tidak boleh tertinggal satupun. Pertama, harus berorientasi pada kegiatan. Kedua, harus terukur (measurable). Dan ketiga, harus mampu mengubah basis kompetisi.

4. Developing strategies. memformulasikan strategi perusahan baik jangka panjang dan jangka pendek (tujuan, sasaran , kebijakan dan prioritas program). Menurut Higgins and Vinece dalam setiap perusahaan ada tiga tingkatan strategi yakni Coorporate strategy, Business strategy, and Financial strategy”.

Entrepreneur dan inovasi

Schumpeter melihat entrepreneur adalah sebuah proses “destruktif yang kreatif” , dimana produk-produk atau metode produksi yang sudah ada dihancurkan dan diganti dengan yang baru. Oleh karena itu entrepreneuship berkaitan dengan penemuan, pendayagunaan peluang-peluang yang menguntungkan. Dengan kata lain fungsi spesifik dari entreprenur adalah inovasi. Inovasi berarti penciptaan nilai sebagai sumber keunggulan kompetitif. Tanpa inovasi cara/metode baru tidak akan pernah ditemukan. Melalui inovasi, para entrepreneur akan terus melakukan ekspansi memperluas daerah pemasaran, menambah jumlah pelanggan meningkatkan penjualan dan laba .

Dalam perspektif strategic management , research and development (R&D) adalah bentuk lain dari inovasi. Kenyataan ini diterima secara luas oleh perusahaan di Jepang, walaupun perekonomian menurun namun divisi R&D tidak akan pernah berhenti. Hal inilah yang menyebabkan Jepang menjadi salah satu pemain kunci dalam bidang pengembangan produk yang berbasiskan teknology.

Perusahaan –perusahaan terbaik di dunia saat ini seperti, Samsung Electronic , Sony, Xerox, Hewlet Packard, General Electric adalah perusahaan yang terus-menerus berkomitmen untuk memberikan solusi inovatif bagi masalah-masalah pelanggan. Hal inilah yang menjadikan mereka terus mengembangkan riset demi keunggulan kompetitifnya

Strategic entrepreneurship

Sayangnya masih banyak yang menganggap bahwa perencanaan strategis hanya bisa dilakukan oleh perusahaan besar. Sebenarnya ini tidak terlalu benar, sebab perusahaan kecil juga dapat melakukan perencanaan strategic. karena kunci sukses suatu perusahaan tergantung pada kemampuan entrepreneur mengadakan adaptasi yang tepat terhadap lingkungan yang kompleks dan selalu berubah-ubah sehingga diperlukan suatu kerangka pengembangan strategi. Dalam pengembangan strategi ini setiap entrepreneur perlu menganalisis faktor- faktor apa saja yang berpengaruh terhadap kinerjanya agar dapat digunakan sebagai pedoman strategi pengembangan industri.

Porter menyatakan ada lima hal yang harus dikenali dan diperhitungkan dalam menentukan intensitas persaingan dan kemampulabaan dalam industri. yaitu : (1) ancaman dari para pendatang baru, (2) faktor pemasok, (3) faktor pembeli, (4) faktor produk substitusi, dan (5) faktor persaingan. Kekuatan yang paling besar akan menentukan dan menjadi sangat penting dari sudut pandang perumusan strategi

Oleh karena itu, seorang entrepreneur harus bisa menunjukkan atau menggali keunggulan-keunggulan strategis yang dimilikinya agar mempunyai inovasi untuk menghadapai persaingan sehingga keberhasilan yang menjadi tujuan perusahaan

1 komentar:

  1. Saya TINTIN RAHMAYANTI Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk umat saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
     Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang wanita Bisnis dengan tiga anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan di bulan DESEMBER 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
    Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 4-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM yang andal.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp800.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya terapkan, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (tinrahma222@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus