Jumat, 08 Mei 2009

Penciptaan Lingkungan yang Mendukung Empowerment

Untuk mendukung pelaksanaan program empowerment dalam suatu lingkungan organisasi terhadap karyawan yang dimiliki, dibutuhkan lingkungan yang terbuka dan saling percaya antara pekerja dan manajer, untuk membentuk lingkungan yang baik bagi program empowerment. Menurut Caudron (1995) ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk membentuk lingkungan yang mendukung program empowerment antara lain :

1. Works teams and information sharing are building block
Membentuk tim kerja dan komunikasi yang terbuka dengan pekerja. Membentuk tim kerja sangat penting sekali bagi perusahaan karena dengan tim kerja karyawan tidak hanya menyelesaikan tugas saja tetapi juga memiliki kesempatan mendapatkan pelajaran (sharing knowledge) dari karyawan lain dalam satu team. Setiap individu diharapakan mampu untuk mempengaruhi hasil kerja tim dan secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan pekerja. Komunikasi yang terbuka tentang kekuatan dan kelemahan bisnis perusahaan serta tantangan pasar yang harus dihadapi, dan permasalahan yang menyangkut pekerja seperti kesempatan karir dan kompensasi pekerja. Sehingga dengan pembentukan tim dan komunikasi yang terbuka di antara manajer dan anggota tim akan menciptakan lingkungan yang kondusif yang mendukung peningkatan keahlian dan kemampuan karyawan dalam menyelesaikan permasalahan yang sulit untuk diselesaikan yang pada akhirnya akan menciptakan kultur yang mendukung program pemberdayaan karyawan.

2. Provide the training and resources needed to do good job
Pengembangan kemampuan dan keahlian merupakan satu dimensi yang penting dalam program pemberdayaan, oleh karena training merupakan hal yang penting untuk meningkatkan keahlian pekerja dan merupakan bagian penting pemberdayaan karyawan. Training team memiliki peran penting untuk menjaga kekompakan kelompok dalam penyelesaian berbagai permasalahan. Training keahlian interpersonal sangat penting karena pekerja tidak hanya pemberdayaan independen. Setelah melakukan training, manajemen perlu menyediakan fasilitas dan sumber daya yang dibutuhkan pekerja untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

3. Provide measurement, feedback and reinforcement
Untuk mengetahui peningkatan dan kemajuan yang dilakukan oleh karyawan perlu dilakukan pengukuran terhadap efektifitas program empowerment, dengan menyediakan standar pengukuran keberhasilan dapat dijadikan alat kontrol pekerja atas prestasi kerja. Setelah mengukur prestasi kerja, pasca program pemberdayaan hal yang terpenting dilakukan adalah memberikan feeback terhadap prestasi yang dihasilkan oleh pekerja, karena dengan pemberian feedback yang cpat akan memotivasi karyawan untuk melakukan pekerjaan dengan lebih baik lagi.

4. On going Reinforcement
Dukungan manajemen dengan pemberian reinforcement yang terus menerus akan sangat mendukung dan memotivasi karyawan karena setiap karyawan ingin dihargai atas prestasi yang ia capai dan supervisor perlu memberikan penilaian yang baik dan memberitahukan yang lain atas prestasi yang telah dicapai.

5. Provide responsibility and authority
Memberikan wewenang dan tanggung jawab yang cukup bagi para pekerja untuk menentukan tindakan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai tugas yang dibebankan. Dengan memberikan kebebasan bagi karyawan untuk mengelola proses kerja mulai dari permulaan sampai akhir, maka kreativitas dan inovasi pekerja pada akhirnya akan meningkatkan performan dan produktivitas karyawan. Pemberian wewenang ini akan meningkatkan kepercayaan diri karena pekerja merasa penting dan dibutuhkan oleh perusahaan. Pekerja akan menggunakan seluruh pengetahuan dan keahliannya untuk melaksanakan tugas itu sebaik – baiknya.

6. Flexible in internal procedure
Menciptakan aturan dan sistem yang lebih fleksibel. Karena dengan aturan yang fleksibel akan memudahkan dalam pengambilan keputusan dan mendukung organisasi yang mudah menyesuaikan terhadap perubahan – perubahan lingkungan yang terjadi sehingga organisasi lebih kompetitif dari pesaing – pesaingnya.

Tahap dalam Empowerment
Untuk melakukan program empowerment maka manajer perlu melakukan beberapa langkah – langkah sesuai dengan tahapan yang dapat menjamin terlaksananya program pemberdayaan dengan sukses. Kunci suksesnya adalah : manajemen yang konsisten, kuat dan mempunyai komitmen yang tinggi. Tahapan dalam pemberdayaan menurut Khan (1995) adalah sebagai berikut :
1. Mengembangkan pemahaman secara menyeluruh terhadap program empowerment yang diperoleh dari berbagai sumber literature maupun dari para ahli yang kompeten dalam bidang empowerment. Karena semakin banyak referensi yang diperoleh semakin baik sebagai bahan pertimbangan manajemen. Untuk mendukung efektivitas program pemberdayaan yang dilakukan oleh manajemen, harus mengetahui peralatan lain yang digunakan untuk mendukung empowerment antara lain : penentuan jangka panjang, penggunaan software, dan penentuan anggaran.
2. Membuat daftar kegiatan / kesempatan yang dapat mendukung pemberdayaan. Dari berbagai kegiatan yang ada dal;am organisasi yang dianggap mendukung proses pemberdayaan dan dibutuhkan untuk peningkatan karyawan. Kegiatan itu disosialisasikan kepada seluruh anggota organisasi untuk menghindari penolakan dari karyawan.
3. Menyelesaikan berbagai macam kegiatan yang mempunyai kesempatan yang lebih signifikan untuk sukses dan mempunyai resiko yanmg minimal. Kegiatan itu memiliki bobot pengaruh yang signifikan dan mempunyai nilai pengaruh dalam penciptaan nilai tambah operasionalisasi bisnis.
4. Memberi pengertian kepada karyawan agar memahami job expectations dan metrik. Setiap karyawan hendaknya mengetahui tentang harapan apa yang akan didapat jika dia melaksanakan kerja dan tanggung jawab yang diberikan untuk peningkatan kinerjanya.
5. Menetapkan prosedur follow – up untuk sharing kemajuan kepada setiap pekerja secara individual dan kelompok. Setelah dilakukan training maka dibutuhkan follow – up untuk mengaplikasikan pengetahuan yang telah diperoleh. Dan sharing idea terhadap keberhasilan orang lain karena diharapkan mampu memacu karyawan untuk lebih kreatif dan terdorong untuk melakukan hal yang sama dengan keberhasilan yang lain.
6. Menciptakan, menjaga dan meningkatkan saling percaya. Kepercayaan merupakan sesuatu hal yang penting untuk membentuk lingkungan yang memberdayakan. Seorang manajer yang percaya terhadap bawahannya tanpa ragu – ragu untuk mendelegasikan berbagai tugas yang cukup penting. Dengan saling percaya akan mendorong mengungkapkan berbagai permasalahan yang dihadapi sebagai bahan pertimbangan manajer.
7. Menilai kemajuan yang diperoleh dari program pemberdayaan. Evaluasi merupakan proses yang penting untuk mengukur tingkat keberhasilan yang telah diperoleh dan mengevaluasi faktor – faktor yang menjadi penghambat atau faktor kegagalan proses pemberdayaan.

1 komentar:

  1. Saya TINTIN RAHMAYANTI Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk umat saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
     Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang wanita Bisnis dengan tiga anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan di bulan DESEMBER 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
    Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 4-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM yang andal.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp800.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya terapkan, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (tinrahma222@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus